APA ITU PEMIMPIN ?

Arti Kepemimpinan yang Sesungguhnya

v     Kepemimpinan adalah upaya mempengaruhi banyak orang melalui konunikasi untuk mencapai tujuan. Yang dimaksud konikasi disini adalah mengirim dan menerima pesan.

v     Kepemimpinan adalah cara mempengaruhi orang dengan petunjuk atau perintah

v     Kepemimpinan adalah tindakan yang menyebabkan orang lain bertindak atau merespons dan menimbulkan perubahan positif.

v     Kepemimpinan adalah kekuatan dinamis penting yang memotivasi dan mengoordinasikan organisasi dalam rangka mencapai tujuan.

v     Kepemimpinan adalah kemampuan untuk menciptakan rasa percaya diri dan dukungan di antara bawahan agar tujuan organisasional dapat tercapai.

Seorang pemimpin harus dapat memberi inspirasi, membujuk, memengaruhi, dan memotivasi, dapat memicu perubahan yang berguna. Menciptakan perubahan adalah salah satu tujuan kepemimpinan karena kebanyakan perbaikan akan memerlukan perubahan dari ststus quo.

.

Jadi, Buat Apa Jadi pemimpin ?

Jika menjadi pemimpin tidak menghasilkan keuntungan yang besar, maka tidak akan banyak orang yang ingin menjadi pemimpin. Keuntungan utama menjadi pimpinan adalah Anda akan mendapat kekuasaan dan prestise. Prestise itu berasal dari fakta bahwa banyak orang mengagumi pemimpin.

Perbedaan Antara pemimpin dan Manajer

Meskipun kepemimpinan adalah bagian dari tugas manajer, seorang manajer harus lebih banyak menghabiskan waktu pada perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian. Kepemimpinan berusaha untuk menciptakan perubahan, sedangkan manajeman berfokus pada pemeliharaan keseimbangan. Pemimpin yang efektif memberi inspirasi orang lain untuk bekerja keras dan menaikkan laba; manajer yang efektif memastikan orang-orang dibayar sesuai dengan kerjanya. Berikut ini beberapa perbedaan antara kepemimpinan dan manajemen:

v     Manajemen lebih formal dan ilmiah dibandingkan kepemimpinan.

v     Manajemen menggunakan seperangkat alat dan teknik yang jelas, yang didasarkan pada penalaran dan pengujian, dan dapat diaplikasikan pada berbagai macam situasi, sedangkan kepemimpinan alatnya kurang eksplisit.

v     Kepemimpinen memerlukan teamwork dan kerja sama dari jaringan banyak orang.

v     Seorang pemimpin sering kali menunjukkan semangat, hasrat, dan memberi inspirasi bagi orang lain agar mencapai kinerja yang lebih baik, sedangkan maanajemen tidak banyak melibatkan emosi, menggunakan perilaku yang lebih konservatif untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

v     Seorang pemimpin kerap menggunakan imajinasi dan teknik pemecahan kreatifnya untuk menciptakan perubahan, sedangkan manajer cenderung menggunakan cara standard an mapan untuk menyelesaikan masalah.

v     Kontribusi utama dari seorang pemimpin adalah menciptakan visi bagi organisasi. Pemimpin mengspesifikasikan tujuan yang luas sekaligus strategi untuk mencapai tujuan itu.

v     Selain menciptakan visi dan memberi inspirasi, seorang pemimpin juga melakukan aktivitas produktif lainnya seperti menangani konsumen.

Seorang pemimpin ikut serta dalam kemitraan

Cara lain untuk memahami kepemimpinan adalah memandangnya sebagai hubungan (relationship) dan kemitraan (partnership) antara pemimpin dan bawahan. Agar kemitraan dapat terjalin dengan baik, syarat-syarat berikut ini harus dipenuhi:

v     Pemimpin mengemukakan visi hanya setelah menerima input dari patnernya.

v     Anggota kelompok berhak untuk tidak setuju dengan pemimpin dan peran mereka dalam menjalankan kerja kelompok harus diakui.

v     Baik itu pemimpin maupun anggota kelompoknya bertanggung jawab atas hasil yang dicapai. Jika anggota kelompok ingin diperlakukan sebagai mitra, maka mereka juga harus mau bertanggung jawab atas kegagalan atau keberhasilan yang dicapai.

v     Pemimpin dan bawahan harus saling jujur. Berbohong merupakan pelanggaran kesepakatan antara pemimpin dan anggota kelompok.

v     Pemimpin dan anggota kelompok mengakui bahwa perselisihan adalah sesuatu yang terhindari.

Peranan Manajer/Pemimpin dalam Memberi Inspirasi, Membujuk, Memengaruhi, dan Memotivasi?

Seorang pemimpin adalah orang yang memberi inspirasi, membujuk, memengaruhi, dan memotivasi orang lain.

Inspirasi

Kemampuan untuk memberi inspirasi orang lain adalah unsur tertinggi dari kepemimpinan. Seorang pemimpin harus punya daya tarik personal atau menjadi suri teladanagar bisa memberi inspirasi bagi orang lain.

Persuasi

Persusi atau bujukan adalah aspek penting lainnya dari peran seorang pemimpin. Seorang pemimpin harus bisa mengubah fikiran bawahannya atau bertindak tegas.

Pengaruh

Seorang pemimpin harus dapat memengaruhi anggota tim untuk melakukan sesuatu yang positif yang bisa membantu organisasi.

Motivasi

Memotivasi orang lain berarti mengajak orang lain untuk bekerja lebih keras. Motivasi adalah tantangan utama di dalam tugas manajer.

Pemimpin Menghadapi Perubahan Besar

Seorang pemimpin yang efektif menciptakan perubahan dan tranformasi. Alasan megapa pemimpin dibayar lebih banyak dibanding karyawan lainnya adalah karena pemimpin menjadi ujung tombak dalam menggerakkan perubahan. Menciptakan perubahan sering kali diawali dengan memberitahukan arah yang benar yang harus ditempuh oleh perusahaan.

Posting : Syafrizal Helmi

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: