Kesiapan membeli waralaba

Ketika berencana untuk membeli hak waralaba, Anda barangkali merasa sudah siap menjalankan usaha tersebut. Jangan keburu nafsu. Cek kembali kesiapan Anda. Berikut panduan (pertanyaan) yang bisa menjadi ukuran paling akurat kesiapan Anda.

  1. Apakah Anda sudah siap menjadi seorang wirausaha? Asal tahu saja, bagi Anda yang terbiasa menjadi karyawan, pola kerja sebagai pemilik usaha berbeda jauh. Jam kerja bertambah dan resiko yang harus dipikul pun sangat berbeda. Siapkah Anda menghadapi semua itu?
  2. Apakah Anda menyukai cara berbisnis dengan format waralaba? Jangan hanya membayangkan bisa kaya pada saat membeli hak waralaba, tetapi setelah berjalan merasa tertekan dan tidak menyukai pola bisnis waralaba. Anda bisa gagal. Cara pandang memiliki bisnis sendiri berarti memiliki kebebasan harus dibuang jauh.
  3. Apakah Anda mampu membina hubungan dan berinteraksi dengan banyak orang? Menjadi pemilik usaha waralaba Anda dituntut untuk bisa berinteraksi dengan banyak orang. Misalnya, hubungan dengan karyawan, pemilik dana, franchisor, suplier maupun pelanggan.
  4. Apakah Anda memiliki modal yang cukup untuk membeli hak waralaba? Banyak usaha waralaba gagal karena kekurangan modal kerja di tengah jalan. Jadi untuk meningkatkan peluang sukses, sebaiknya Anda memiliki cadangan dana, tidak hanya modal yang disyaratkan oleh franchisor. Paling tidak Anda mesti memperhitungkan modal kerja untuk 6-12 bulan ke depan.
  5. Apakah Anda sudah mempelajari dokumen yang berkaitan dengan aspek hukum dari franchisor?
  6. Apakah waralaba yang Anda minati adalah perusahaan yang solid, liquid dan sukses? Anda harus mengetahui bahwa pemberi hak waralaba memiliki laporan keuangan yang telah diaudit oleh akuntan publik. Paling tidak laporan keuangan ini membrikan informasi keuangan untuk periode tiga tahun. Selain keuangan, apakah merek waralaba yang akan Anda beli sudah dikenal publik dan memiliki image positif?
  7. Apakah para franchisee yang lebih dulu dari Anda umumnya sukses dengan usaha mereka? Anda bisa menanyakan kepada mereka apakah mereka cukup puas dan usahanya menguntungkan?
  8. Apakah Anda menyukai staff franchisor yang mensupport anda? Salah satu kunci sukses dari waralaba adalah support dan bantuan dari franchisor melalui staff franchise support mereka.
  9. Apakah Anda mendapat dukungan dari keluarga? Jangan salah kaprah seolah-olah menjadi franchisee hanya melakukan pekerjaan paruh waktu. Penting bagi Anda mendapat dukungan dari keluarga.

Jika semua pertanyaan di atas positif buat Anda, maka peluang mendapatkan profit menanti Anda. Jangan tinggalkan kesempatan menjadi wirausaha yang sukses yang ditawarkan oleh waralaba. .

Dari berbagai sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: