MEMAHAMI PESAING

Jika akan bersaing, haruslah jelas siapa pesaingnya, dan jika ingin menang, haruslah memiliki keunggulan. Kalimat diatas harus dimaknai bahwa sesungguhnya mengenali pesaing saja belum cukup untuk memenangkan persaingan. Diantara hiruk pikuknya pesaing, hendaknya kita mengetahui siapa pesaing kita, siapa pesaing dekat kita, siapa yang akan diserang, dan siapa yang akan dihindari. Dalam persaingan apapun, mereka yang memiliki dan dapat memanfaatkan informasi memiliki peluang yang lebih besar untuk menang. Miskin informasi dapat berarti kehilangan peluang, gawatnya lagi kalau informasi yang penting lebih dulu dimiliki pesaing.

Informasi penting didapatkan agar sedini mungkin dapat mempersiapkan diri menghadapi manuver mendadak dari pesaing yang boleh jadi mengejutkan. Pesaing ada dimana-mana dan siap merebut pelanggan kita. Memiliki banyak pengetahuan tentang produk atau merek dagang perusahaan saingannya menjadikan MR mampu menonjolkan kelebihan produk sendiri dibanding produk pesaing. Namun demikian MR tidak boleh terlalu berorientasi pada pesaing yang dapat berakibat lupa membangun posisi sendiri di benak pelanggan. Di dalam melihat pesaing, seharusnya MR tidak hanya tertuju kepada produk yang sudah ada semata, tetapi harus pula mengamati secara sermat semua gerak langkah pesaing, seperti strategi dan kegiatan promosi, bagaimana pesaing menciptakan keunggulan yang komperatif, dan bagaimana pesaing melakukan pendekatan untuk memuaskan pelanggan.

Demikian pula dengan rencana peluncuran produk baru, distribusi, dan pola reaksi. Adanya situasi berupa banyaknya penggabungan beberapa perusahaan harus pula diwaspadai karena hal itu dapat memunculkan hal-hal yang tidak diduga. Memasuki pasar yang sudah dikuasai pesaing tentu tidak mudah. Pesaing tidak akan melepas begitu saja pelanggannya karena itu adalah bagian dari keuntungannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: