BAGAIMANA PEMIMPIN BERFIKIR?


Percayai Perasaan Anda yang Dalam

Pemimpin yang efektif tidak hanya mengandalkan teknik analisis dan data-data semata. Mereka juga banyak mengandalkan pada instuisi dan firasat. Dengan cara ini pengambil keputusan akan membuat keputusan tanpa menggunakan proses langkah demi langkah.

Langkah-langkah jika Anda ingin menjadi pemimpin yang intuitif yaitu:

Leburkan Diri Anda. Carilah pengalaman sebanyak-banyaknya di bidang yang ingin Anda tekuni untuk menjadi pemimpin yang intuitif.

Tetaplah Waspada. Perhatikan sensasi-sensasi kecil di dalam tubuh Anda ketika Anda mengambil keputusan. Istilah “ Perasaan yang mendalam” (gut feeling) berarti Anda memperhatikan dengan cermat tanda- tanda fisiologis dari emosi di dalam tubuh Anda.

Pertajaman Pendengaran.Dengarkanlah baik- baik suara- suara kecil di dalam otak Anda.

Fokus. Konsentrasi pada tugas Anda agar lebih waspada pada intuisi Anda. Tantangannya adalah dengan menyingkirkan gangguan- gangguan sebelum Anda mengambil keputusan.

Catat Kesuksesan Anda. Catatlah akurasi dari keputusan intuitif Anda. Ketika Anda memercayai firasat Anda, catat sifat dari firasat itu dan catat pula apakah firasat itu benar atau tidak.

Mulai Melihat Gambar Umum

Seorang pemimpin diharapkan dapat melihat implikasi luas dari hampir setiap tindakan- tindakan yang dilakukan oleh mereka atau anggota tim mereka.

Pemikiran Strategis

Memperkerjakan Penyelia yang kompeten untuk memperkuat organisasi adalah ciri dari pemikiran strategis.

Pemikiran Sistem

Pemikiran Sistem berusaha memaham bagaimana perubahan pada satu bagian sistem (atau organisasi) akan menimbulkan perubahan di bagian lain dari sistem itu. Pemikiran sistem juga berusaha meramalkan bagaimana perubahan hari ini akan mempengaruhi perusahaan di masa depan.

Pemikiran Besar

`Dalam rangka menjadi pemikir besar, jangan mengabaikan detail penting yang memampukan perusahaan Anda beroperasi dengan lancar. Ingat bahwa pemimpin yang baik juga seorang manajer yang baik. Pemikir besar yang efektif mengkombinasikan pemikiran sistem dengan kegiatan sehari- hari yang berhubungan dengan menjalankan perusahaan.

Mengapa dan Kapan Anda mengajukan Pertanyaan Sulit.

Salah satu bagian penting dari tugas pemimpin adalah mengajukan pertanyaan sulit. Pertanyaan sulit (tough question) adalah pertanyaan yang membuat seseorang atau kelompok berpikir tentang mengapa mereka melakukan atau tidak melakukan sesuatu. Dengan cara ini anggota kelompok dipaksa untuk berpikr tentang efektivitas aktivitas mereka.

Mengapa Saya harus Mengajukan Pertanyaan  Sulit?

Tujuan dari pertanyaan sulit bukanlah untuk mengintimidasi, membujuk, atau meremahkan orang lain, tetapi untuk membantu orang- orang itu berpikir tentang apakah Status quo mereka sudah cukup bagus. Pertanyaan sulit sering kali mencetuskan pemikiran kreatif karena ia menanyakan apakah sebuah praktik yang sudah lazim dapat diubah secara radikal atau tidak. Kebaikan dari pertanyaan sulit adalah ia mendorong orang untuk bertanya kepada diri mereka sendiri.

Mengajukan pertanyaan sulit adalah kegiatan keren. Ini akan memperkuat status Anda sebagai pemimpin Karena banyak orang mengharapkan agar pemimpin mengajukan pertanyaan provokatif. Pemimpin kadang- kadang dihormati orang bukan karena bisa memberi jawaban yang benar, tetapi Karena bisa mngajukan pertanyaan yang benar. Meskipun demikian, kadang- kadang Anda tidak hanya sekedar mengajukan pertanyaan sulit. Anda mungkin harus mencari alternatif  yang tidak dipikirkan oleh anggota tim Anda. Namun, jangan langsung menyodorkan alternatif Anda kepada mereka.

Kapan Saya Harus Mengajukan Pertanyaan Sulit

Agar bisa mengajukan pertanyaan sulit kita harus mengembangkan kebiasaan mental yang benar. Pertanyaan sulit dapat ditanyakan pada saat rapat, rapat individu, dan saat berpergian dengan rekan kerja.

Kreatiflah Dalam Berpikir

Kreativitas juga bisa dianggap sebagai pemikiran lateral- proses mental untuk mencari solusi alternatif bagi persoalan- persoalan. Dibawah ini ada 6 langkah penting untuk mempertajam kreativitas dalam memecahkan masalah:

  1. Simpan selalu ide orisinil. Anda dengan mencatatnya di buku atau komputer.
  2. Tetap berada di bidang perkerjaan Anda dan teruslah mencari ide- ide baru.
  3. Ikutlah dalam perkumpulan hobi kreatif, seperti menjawab teka- teki atau mengapresiasi sastra atau karya seni.
  4. Beranilah mengambil resiko saat Anda berusaha mencari solusi kreatif.
  5. Berusahalah untuk selalu ingin tahu situasi sekeliling Anda
  6. Identifikasi waktu ketika Anda dalam kondisi paling kreatif.

Kembangkan Wawasan Anda

Memberikan wawsan mendalam kepada orang lain dapat memperkuat efektivitas kepimpimnan Anda karena wawasan itu terkadang membantu orang mengatasi perilaku yang menghambat kemajuan mereka sendiri. Wawasan yang benar bisa menbantu orang keluar dari perilaku yang merugikan dirinya sendiri.

Bagaimana Saya Bisa Mengembangkan Kemampuan untuk Memahami Orang Lain

Cara mempertajam kemampuan untuk memahami orang lain juga dapat dilakukan dengan mengikuti beberapa saran untuk mengembangkan intuisi yang telah diberikan pada bab sebelumnya. Anda butuh banyak belajar, latihan, dan mendapat tanggapan. Tujuan umum dari saran ini adalah agar Anda dapat memahami orang karakter lain.

Source :  leadership, Andrew J Dubrin, Prenada Indonesia

Posting : Syafrizal Helmi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: