SEMUA BERAWAL DARI GAGASAN KREATIF

Kreativitas sangat erat hubungannya dengan sesuatu yang disenangi secara pribadi atau hobi. Melalui sebuah survei, diketahui bahwa ternyata 80% pengusaha sukses adalah mereka yang memulai usaha dari hobi. Hobi ini kemudian dikembangkan sedemikian rupa hingga pada akhirnya dapat menjadi bisnis komersial.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah perhatikan dan kembangkanlah hobi Anda. J.K. Rowling merupakan salah satu contoh orang sukses yang memulainya dari sebuah hobi. Dia senang menulis khayalan-khayalannya di atas kertas tisu. Dia tidak pernah mengira bahwa coretan-coretan itu suatu saat akan menjadi salah satu karya yang paling digemari di seluruh dunia. Naskah Harry Potter tercipta dan novel ini akhirnya menjadi inspirasi lahirnya sebuah film box office yang sangat popular. Kini J.K Rowling telah menjadi salah satu penulis terkaya di dunia.ya, sebuah bisnis yang di mulai dari coretan pada kertas tisu. Masih banyak contoh pengusaha sukses yang memulai awal bisnis mereka dari hobi mereka. Yang penting, jadilah kreatif dengan hobi Anda.

Hal kedua yang tidak kalah penting adalah sasaran pasar yang tepat. Kenali poasar atau konsumen potensial di sekaitr Anda dan buatlah sesuatu yang menarik minat mereka. Untuk menarik minat pasar, Anda dapat memulainya dengan memperkenalkan produk Anda kepada orang-orang terdekat, seperti keluarga, teman atau rekan kerja Anda sendiri serta tetangga di sekitar Anda. Anda juga dapat mengiklankannya di media massa, membuat brosur atau leaflet, atau mencetak kartu nama yang mencamtumkan alamat dan nomor telepon yang mudah dihubungi.

Hal ketiga yang sangat penting artinya kalau Anda berminat untuk mendirikan sebuah usaha adalah competitor. Jangan pernah meremehkan pesaing! Jadikanlah kompetitor sebagai kawan bukan lawan. Itu akan lebih menguntungkan daripada Anda memandang mereka sebagai pihak-pihak yang harus Anda curigai, hindari atau bahkan Anda musuhi. Apabila tiba saatnya untuk menawarkan jasa kepada konsumen, berikanlah pelayanan yang lebih. Pelayanan yang lebih tidak harus mahal. Pelayanan yang cepat dan responsif terhadap keinginan konsumen sudah cukup untuk membuat pasar melirik kepada Anda. Jadi, ingatlah bahwa hobi Anda merupakan aset potensial Anda. Jadilah kreatif dengan hobi Anda, maka ia akan sanggup mendatangkan keuntungan dan kesuksesan. Kenali potensi Anda. Kebutuhan pasar di sekitar Anda, kenali pesaing Anda, dan milikilah integritas yang baik

diposkan oleh : Syafrizal Helmi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: