MEREBUT PELANGGAN

Perusahaan harus selalu berusaha mencari cara untuk mengembangkan jumlah permintaan dan menjaga tingkat pangsa pasar yang dikuasai dengan cara menyerang ataupun dengan cara bertahan. Keduanya harus dikerjakan karena berkurangnya jumlah pelanggan setia sehingga kita harus mendapatkan penggantinya serta agar pelanggan bertambah. Tujuan kegiatan pemasaran adalah untuk lebih membangun alam bawah sadar sehingga memiliki top of mind. Sasaran strategi dari penyerang pada umumnya adalah peningkatan penjualan dengan harapan meningkatkan keuntungan. Minimalnya adalah dengan menjual barang. Setiap kali melakukan aktivitas harus jelas tujuan atau sasarannya. Dalam buku yang berjudul 101 cara meningkatkan penjualan, Patrick Forsyth menyatakan bahwa tujuan yang jelas itu penting dan harus SMART (pintar). Hal itu dapat diuraikan sebagai berikut :

v Spesific (spesifik): menetapkan cara jelas apa yang diinginkan.

v Measurable (dapat diukur): apakah ukurannya ?

v Achievable (dapat diraih): sanggupkah kita melakukannya ?

v Realistic (realistis): haruskah kita melakukannya ?

v Timed (terjadwal): kapan sesuatu yang diinginkan itu tercapai ?

Jika tujuannya tidak jelas, sebenarnya apa yang kita kerjakan adalah sama saja, yaitu asal kerja. Untuk melakukan penyerangan agar sesuatunya berjalan efektif, ketepatan akan segala hal sangat diperlukan, yakni:

  1. tepat yang melakukan
  2. tepat caranya
  3. tepat waktunya

Leave a comment